Senin, 15 Februari 2016

Pentingnya pendidikan PAUD untuk buah hati Bunda demi perkembangannya

pendidikan-info.blogspot.co.id, Pendidikan Awal anak atau Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) merupakan tahap awal penting dalam perkembangan anak. Pendidikan yang diberikan kepada anak-anak anda berusia mulai 3-5 tahun tidak hanya memperkenalkan anak-anak untuk aktivitas tubuh dan bersosialisasi langsung dengan rekan-rekan sejawat mereka, namun juga beberapa manfaat lain yang diberikan secara terstruktur oleh guru-guru profesional di pendidikan PAUD.

Kegiatan perangsangan otak khususnya anak usia dini dapat memberikan pendidikan yang sesuai dengan tahap pertumbuhan anak usia belum sekolah. Seluruh kegiatan dilakukan melalui pendekatan bermain sambil belajar untuk mengolah kecerdasan otaknya.


Selain memberikan tempat untuk mengenal sekolah anak-anak, kegiatan pada anak usia dini juga dapat mendirikan sifat terpuji sesuai yang diajarkan para pendidik di PAUD yaitu menanamkan kejujuran, disiplin, dan berbagai hal-hal positif lainnya. Anak-anak yang sebelumnya menerima pendidikan pada anak usia dini sering terkadang juga kemampuan untuk berkomunikasi dengan lebih baik di sekolah tingkat diatasnya nanti. Hal ini karena ia terbiasa untuk bermain, belajar, makan bersama-sama dengan teman-teman yang memiliki usia usia yang sama.


Anak berumur PAUD yang memiliki masalah mental, sering dicari kemungkinan pernah mengalami trauma sebagai seorang anak. Hal tersebut karena karakter adalah pendidikan yang sangat baik dimulai awal, sejak usia anak-anak sebelum sekolah adalah penting untuk memberikan contoh dan kegiatan positif-positif dan bermanfaat.

 
Anda sebagai orang tua haru mengetahui bagaimana menempatkan pendidikan yang cocok untuk buah hati anda mungkin berikut ini tipsnya:


  1. Yang paling utama dan paling penting adalah kontrol terlebih dahulu jarak tempuh PAUD ke rumah. Lebih baik tidak memilihkan sekolah anak usia dini yang terletak terlalu jauh. Karena, jika anak lelah dalam perjalanan, ia cenderung enggan untuk bergerak lagi/ capek.
  2. Perhatikan latar belakang pendidik, sangat berpengaruh dalam penyaluran ilmunya kepada anak anda. Didalam hal pendidikan PAUD yang perlu diperhatikan pertimbangkan kurikulum pendidikan anak usia dini, dan fasilitas yang ada di anak usia dini yang anda incar untuk buah hati anda.


Perlu anda ketahui sebagai orang tua jangan menyerahkan sepenuhnya kepada pendidikan formal saja namun disarankan agar orang tua, terutama ibu, untuk tetap mengontrol, mengawal dan memberikan perhatian dan kasih sayang. Itu mungkin sudah kodrat bahwa ibu yang melahirkan dan tetap menjadi pemeran utama sebagai pendidik utama bagi anaknya, jika tidak ada waktu atur waktu anda untuk itu demi buah hati anda.




1 komentar: